Makalah Sistem KOPLING



KOPLING
 (Tugas Nilai Tambahan Ulangan Harian)


 


Disusun Oleh  
AZHAR.NET




PROGRAM KEJURUAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN





BAB I
PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang
Kopling atau Clutch yaitu peralatan transmisi yang menghubungkan poros engkol dengna poros roda gigi transmisi. Fungsi kopling adalah untuk memindahkan tenaga mesin ke transmisi, kemudian transmisi mengubah tingkat kecepatan sesuai dengan yang diinginkan.
Dalam keadaan normal, dimana fungsi kopling bekerja dengan baik, begitu pengemudi menekan pedal kopling, tenaga mesin akan di putuskan, karena saat pedal ditekan maka gaya tekan itu akan mendorong release fork dan release fork akan mendorong release bearing. Sehingga release bearing akan mengangkat mendorong pegas diaprahgma dan preaseure palte, clutch disc akan terlepas dengan flywheel. Serentak roda gigi akan terlepas dari pengaruh putaran mesin. Kondisi inilah yang memungkinkan terjadinya perpindahan roda gigi pada transmisi

B.   Rumusan Masalah
Dari latar belakang di atas maka dapat di ambil beberapa rumusan masalah antara lain :
1.     Apa itu kopling?
2.    Apa fungsi kopling?
3.    Ada berapa macam benuk kopling?

C.   Tujuan
Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah :
1.     Dapat mengetahui apa itu kopling
2.    Dapat mengetahui fungsi kerja kopling
3.    Mengetahui macam-macam kopling dan fungsinya

BAB II
PEMBAHASAN
A.   Kopling
Kopling adalah alat yang digunakan untuk menghubungkan dua poros pada kedua ujungnya dengan tujuan untuk mentransmisikan daya mekanis. Kopling biasanya tidak mengizinkan pemisahan antara dua poros ketika beroperasi, namun saat ini ada kopling yang memiliki torsi yang dibatasi sehingga dapat slip atau terputus ketika batas torsi dilewati.
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/5/58/Rotating_coupling.gif
Kopling dua buah poros yang berputar
Tujuan utama dari kopling adalah menyatukan dua bagian yang dapat berputar. Dengan pemilihan, pemasangan, dan perawatan yang teliti, performa kopling bisa maksimal, kehilangan daya bisa minimum, dan biaya perawatan bisa diperkecil.
Manfaat
Kopling digunakan dalam permesinan untuk berbagai tujuan:
  • Untuk menghubungkan dua unit poros yang dibuat secara terpisah, seperti poros motor dengan roda atau poros generator dengan mesin. Kopling mampu memisahkan dan menyambung dua poros untuk kebutuhan perbaikan dan penggantian komponen.
  • Untuk mendapatkan fleksibilitas mekanis, terutama pada dua poros yang tidak berada pada satu aksis.
  • Untuk mengurangi beban kejut ( shock load ) dari satu poros ke poros yang lain.
  • Untuk menghindari beban kerja berlebih.
  • Untuk mengurangi karakteristik getaran dari dua poros yang berputar.
·         Fungsi Pedal kopling
·         Fungsi pedal kopling adalah untuk merubah gaya tekanan dari kaki pengemudi untuk diteruskan kedalam master kopling, pedal kopling biasa terletak di paling kiri dan diinjak menggunakan kaki kiri.
·         Fungsi Master kopling Atas
·         Master kopling fungsi utamanya untuk meneruskan tenaga dari pedal kopling ke release kopling, dalam master kopling ini terdapat seal atau perapat karet yang mencegah minyak kopling tidak bocor, serta reservoir atau penampung minyak kopling, reservoir untuk minyak kopling ada yang menjadi satu dengan master kopling dan ada yang terpisah.
·         Untuk reservoir minyak kopling yang terpisah dengan master kopling, biasanya reservoir menjadi satu dengan reservoir atau penampung minyak rem. Untuk yang bertanya apakah sama antara minyak kopling dengan minyak rem? Jawabannya adalah Ya, minyak kopling dan minyak rem adalah sama.
·         Release silinder kopling atau master kopling bawah
·         Release kopling menerima tekanan dari master kopling atas dan meneruskan kedalam garbu pembebas (fork kopling) melalui push rod untuk mendorong maju dan membebaskan plat kopling dari himpitan antara matahari kopling dengan roda gila. Sama hal nya dengan master kopling didalam release kopling ini juga terdapat perapat atau seal untuk mencegah kebocoran minyak kopling.
·         Menerima gaya tekan dari release kopling, garbu pembebas ini dihubungkan dengan release bearing yang akan bergerak maju mundur menekan cover clutch dan membebaskan putaran mesin ketika pedal kopling di injak.
Gambar Fork Kopling dan Release Bearing
Fungsi Release bearing Kopling
·         Merupakan sebuah bantalan berupa bearing atau kolaher yang fungsinya untuk menekan pelat pegas (matahari kopling) atau diafragma spring pada tutup kopling (cover clutch).
·         Cover cluth (tutup kopling)
·         Cover Clutch juga disebut dekrup atau matahari kopling, Fungsi clutch cover adalah sebagai dudukan kampas kopling dan menekan kampas kopling ke fly wheel untuk meneruskan tenaga dari mesin
·         .Gambar cover clutch atau dekrup
Fungsi Plat Kopling atau Kampas kopling
·         Kampas kopling atau disc clutch atau Clutch Plate adalah komponen kopling yang berfungsi untuk meneruskan tenaga dari mesin ke transmisi, berbentuk piringan yang terbuat dari bahan asbes, kampas kopling atau plat kopling mobil harus diganti jika keausan sudah terasa.
·         Gambar Kampas Kopling Mobil Terios
Pada plat kopling terdiri dari facing yang berfungsi sebagai bidang gesek yang dikeling pada cushion plate dan berfungsi untuk memperlembut saat kopling berhubungan dan cushion plate dikeling pada disc plate.
·         Pada plat kopling juga terdapat torsion damper atau pegas plat kopling yang berfungsi untuk meredam kejutan ketika kopling berhubungan.
·         Fungsi Fly wheel atau Roda Gila
·         Fly wheel disebut juga roda gila, roda gila berfungsi meneruskan tenaga atau putaran mesin yang selanjutnya diteruskan ke transmisi melalui kampas kopling.
Jenis Kopling
Kopling Kaku
Kopling kaku adalah unit kopling yang menyatukan dua jenis poros yang tidak mengizinkan terjadinya perubahan posisi kedua poros atau terlepas, disengaja atau tidak disengaja, ketika beroperasi. Kopling kaku merupakan pilihan yang tepat ketika kedua poros ingin dihubungkan dengan pengaturan posisi yang stabil dan presisi. Kopling ini merupakan kopling dengan usia pakai yang paling tinggi selama batasan torsi, RPM, dan beban dari poros dan kopling tidak dilampaui atit.
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/d/db/Beam_Coupling_-_Helical_Standard.jpg/220px-Beam_Coupling_-_Helical_Standard.jpg
Kopling fleksibel
Kopling beam dengan bagian ulir heliksnya
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/3/3a/Simple_CV_Joint_animated.gif/220px-Simple_CV_Joint_animated.gif
Rzeppa joint dan...
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/a/a2/Double_Cardan_Joint_%28animated%29.gif/220px-Double_Cardan_Joint_%28animated%29.gif
... Double Cardan Joint yang merupakan contoh dari kopling CV
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/6/61/Gear_coupling.png/220px-Gear_coupling.png
Kopling roda gigi
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/3/39/Oldham_coupler_animated_small.gif
Kopling Oldham
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/b/b5/Universal_joint.gif/220px-Universal_joint.gif
Universal joint
Kopling fleksibel digunakan ketika kedua poros ada sedikit perubahan posisi secara aksial, radial, maupun angular ketika mesin beroperasi. Beberapa jenis kopling fleksibel yaitu:
Kopling beam, atau bisa juga disebut dengan kopling heliks, adalah kopling yang menghantarkan daya antara dua poros dengan memperbolehkan adanya perubahan posisi dari poros secara angular, aksial, maupun paralel hingga batasan tertentu, ketika poros bekerja. Desain dari kopling beam adalah sepotong kopling yang memiliki bagian yang kosong sepanjang badan kopling berbentuk heliks atau spiral, sehingga menjadikannya fleksibel. Kopling beam biasanya dibuat dari logam paduan aluminium, baja tahan karat, dan titanium.
Gear coupling adalah kopling yang mentransmisikan daya antara dua poros yang tidak berada dalam satu garis. Kedua poros dihubungkan dengan poros ketiga di dalam kopling yang disebut sebagai spindle.
Kopling CV adalah kopling yang memungkinkan untuk mentransmisikan daya pada sudut yang bervariasi dan pada kecepatan putar yang konstan. Kopling jenis ini biasa digunakan pada mobil front wheel drive dan all wheel drive.
Universal joint adalah jenis kopling dalam bentuk dua batangan kaku yang memungkinkan terjadinya pembelokan arah transmisi daya dari sumber daya. Uniersal joint terdiri dari sepasang hinge yang berdekatan dan dihubungkan dengan cross shaft. Universal joint, walau dapat mentransmisikan daya yang tidak segaris, namun memiliki kekurangan, yaitu dapat memberikan output RPM yang tidak konstan walau input RPM konstan. Hal itu bisa menyebabkan getaran dan keausan pada komponen mesin.














Komentar

Postingan Populer